Thursday, December 8, 2011

Report - Softskill Task


Dalam kesempatan kali ini, saya di beri tugas mengasah ketrampilan menulis saya dengan membuat makalah kelompok yang mengusut tema Kebudayaan Aceh. Dimana didalamnya terdapat unsur-unsur seperti sejarah, tradisi, kesenian seta sistem pemerintahan tentang kebudayaan tersebut. Tujuannya adalah agar kita lebih jauh memahami tentang kebudayaan-kebudayaan di Indonesia ini, khususnya Aceh. Sekaligus memperluas pengetahuan kita juga terhadap perkembangan budaya tersebut.
Anggota kelompok saya terdiri dari empat orang, Putri, Seto, Aji dan saya sendiri. Kami sepakat untuk mencari data Kebudayaan Aceh masing-masing terlebih dahulu. Kami menggunakan teknik pengumpulan data sekunder yakni melalui internet.  Setelah itu, hasil materi yang sudah masing-masing anggota cari kemudian dikumpulkan dan dikirim melalui email ke semua anggota. Lalu, di pilah dan disusun kembali agar lebih sempurna. Sejauh ini, makalah tersebut sudah sampai pada BAB II yaitu pembahasan. Itupun harus masih dilengkapi dengan hasil wawancara dari subjek yang berasal dari Aceh untuk lebih paham perkembangan serta kebudayaan Aceh sendiri.  
Kendala yang saya rasakan, adalah komunikasi atau diskusi antar kelompok. Dimana memang kita belum secara intens membicarakan hal ini secara langsung. Biasanya hanya garis besarnya saja dan keseluruhan pembuatan makalah ini kami buat masing-masing dirumah. Selain itu kami memang belum tahu pertanyaan apa saja yang akan kami ajukan ke subjek nanti.
Sejauh ini, saya bertugas menambahkan data, mengecek dan merapihkan makalah. Setelah itu saya kirim lagi kesemua anggota kelompok.
Saya pikir dengan menggunakan email dan teknik seperti ini memudahan kami dalam pembagian tugas dan kerja kelompok.



No comments:

Post a Comment