Sunday, April 1, 2012

Psikoterapi (Psikoanalisa)


Seperti yang sudah saya publish beberapa waktu lalu, psikoterapi mempunyai beberapa pendekatan.
Kali ini saya akan membahas sedikit tentang pendekatan yang pertama yaitu psikoanalisa.

        Pendekatan psikoanalisa berfokus pada motif ketidaksadaran dan akar konflik dari prilaku. awal mula dari pendekatan ini adalah ketika Freud yang terpesona dengan cara kerja Josef Breur’s ketika menangani pasien hysteria yang bernama Anna O.

Pandangan Freud:
-    Asumsi dasar dari teori Freud adalah psyhic determinism, yang menunjukan bahwa apa pun yang dilakukan oleh seseorang pasti memiliki makna dan tujuan, dan merupakan sasaran langsung.
     Untuk mengetahui berbagai aspek dari perilaku manusia, Freud juga mengemukakan tentang adanya motivasi ketidaksadaran.

Teknik-teknik dari pendekatan psikodinamika
 Asosiasi bebas
Klien diminta untuk mengatakan semua hal dari pikirannya.
Tujuannya adalah katarsis. Posisi dalam teknik ini terapis diminta untuk duduk di belakang klien dan klien dalam posisi berbaring.

-        Analisis Mimpi
   Menyingkap hal-hal yang tidak disadari oleh klien melalui mimpi, yang biasanya muncul dengan   simbol-simbol tertentu.Terdapat dua taraf mimpi yaitu, manifest content dan latent content.
-      
            Resisten
Tujuannya adalah mencegah material-material mengancam yang akan memasuki le lesadaran klien, dengan cara mencegah klien mengungkapkan hal-hal yang tidak disadarinya.
-       
     Transferen
Kunci atau inti dari terapi psikoanalisis. Pada akhirnya klien diminta untuk mengembangkan neurosis transferensi yang bersumber pada lima tahun pertama kehidupannya, sehingga terapisnya punya kesempatan untuk menginterpretasi tranferen. Dan pada teknik ini terapis tidak memberikan saran.

-        Interpretasi
Merupakan dasar landasan hampir setiap psikoterapi dinamik dan cara utama bagi klien untuk memperoleh kesadaran atau insight.




sumber : Trull, Timothy J. Clinical Psychology. 2005.USA : Thomson wadsworth.

No comments:

Post a Comment