Wednesday, March 27, 2013

Psikoterapi 3 - (Person center)


Terapi ini disebut juga client-centered  therapy (terapi yang berpusat pada pasien) atau terapi nondirektif. Teknik ini pada awalnya dipakai oleh Carl Rogers (1902-1987) pada tahun 1949. Sejak itu banyak prinsip Rogers yang dipakai dalam terapi diterima secara luas. Tetapi, teknik ini dipakai secara lebih terbatas pada terapi mahasiswa dan orang-orang dewasa muda lain yang mengalami masalah-masalah penyesuaian diri yang sederhana. Carl rogers berpendapat bahwa orang orang memiliki kecenderungan dasar yang mendorong mereka ke arah pertumbuhan dan pemenuhan diri. Dalam pandangan Rogers, gangguan-gangguan psikologis pada umumnya terjadi karena orang-orang lain menghambat individu dalam perjalanan menuju kepada aktualisasi diri. Bila orang-orang lain bersifat selektif dalam menerima perasaan-perasaan dan tingkah laku mereka selama masa kanak-kanak , maka mereka mungkin tidak mengakui bagian-bagian dari diri kita yang tidak disenanginya.

Konsep utama:
Menurut Rogers, individu bersifat konstruktif, realistik, progresif, dapat dipercayai dan secara kodrat alamiah memiliki potensi untuk berkembang. Dana apabila kodrat yang lamiah yang potensial ini tidak dihalangi, maka akan berkembang sepenuhnya menurut potensi lahiriahnya, sehingga mampu berfungsi sebagai fully human being yang hidup selaras dengan kodrat almiahnya dan hidup bersama orang lain sebagai manusia yang postif dan normal. Oleh karena itu , aspek-aspek negatif yang terjadi pada seseorang seperti irrasional, a social, egoistik, kejam, distruktif, kurang matang dan regresif disebabkan karena ia hidup tidak selaras dengan kodrat alamiahnya

Tujuan konseling
Tujuan utama pada teknik ini adalah mengembalikan klien kepada kehidupam perasaan yang mendorongnya untuk menemukan feeling self nya yang asli. Selain itu juga membantu klien agar mampu membiarkan kehidupan perasaan-perasaannya tanpa halangan dan dapat  mensimbolisasikan pengalamn-pengamalannya dalam sebuah konsep diri yang lebih memadai.

Proses dan teknik terapi
Teknik yang paling penting pada terapi ini adalah komunikasi antarpribadi. Relasi antarpribadi yang saling bertemu dapat menyembuhkan dan saling mengembangkan. Artinya adalah perkembangan kepribadian pasien hanya akan terjadi apabila ada kontak psikologis antara konselor dan klien dalam bentuk relasi yang berlangsung dalam hubungan antrapribadi.
Untuk dapat menciptakan relasi antar pribadi tersebut maka terapis haruslah: 
  1.    Seseorang yang kongruen. Maksudnya adalah terapis harus mampu memiliki keberanian untuk menampilkan diri yang asli, otentik, tulen, jujur, polos, spontan, terbuka, sungguh-sungguh, dan terintegrasi kepada klien sehingga klien benar-benar merasa diterima sebagai pribadi yang apa adanya.
  2.    Adanya pemberian peghargaan positif tanpa syarat kepada klien. Yang dimaksud disisni adalah adanya sikap menerima, perhatian yang simpatik, enghormatan, dan penghargaan terhadap klien. Perhagaan ini dibutuhkan untuk menciptakan rasa aman sehingga terbangun ilim yang hangat, penuh kasih sayang, dan kondusif bagi  perubahan kepribadian klien.
  3.    Empatik. Upaya untuk berada pada kondisi yang sama dengan pribadi klien. Caranya adapat dilakukan dengan mendengarkan anak dengan hati terbuka dan penuh perhatian, memasukkan diri afektif dan kognitif kedalam dunia klien. Melalui kemampuan empatik ini, diharapkan dapat berfungsi untuk membantu klien dalam mengatasi rasa keterasingan, meneguhkan harga diri dan kepercayaan diri.

Sumber :
Sunardi, P & Assjari , M. (2008). Teori konseling. Bandung: PLB FIP UPI
Corey, G. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy. Thompson learning: USA.

1 comment:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete